Trigan

Trigan

Pendekar Trigan atau kemudian dikenal hanya dengan Trigan adalah serial komik fiksi ilmiah Britania Raya yang dalam kebanyakan ceritanya ditulis oleh Mike Butterworth dan digambar oleh Don Lawrence. Komik ini diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dari Bahasa Inggris:The Rise and Fall of the Trigan Empire ("Berdiri dan Jatuhnya Kekaisaran Trigan"), kemudian menjadi hanya The Trigan Empire ("Kekaisaran Trigan") dan bercerita tentang sebuah kebudayaan makhluk asing yang berisi perpaduan pendidikan ilmu pengetahuan dan peradaban kuno yang mirip seperti Bumi.[1] Kisah ini pertama kali diterbitkan dalam bahasa Indonesia pada tahun 1970-an dalam Majalah HAI sebagai cerita bergambar bersambung, kemudian oleh penerbit Gramedia dalam format buku komik pada tahun 1980-an.

Latar belakang
Komik ini pada awalnya beredar dari tahun 1965-1982, bercerita tentang peristiwa masa lampau sebuah kekaisaran di planet yang jauh bernama "Elekton". Cerita komik ini sangat dipengaruhi oleh kisah-kisah mitologi, sejumlah masyarakat dalam komik ini didasarkan pada kebudayaan-kebudayaan kuno yang telah ada dalam sejarah. Kemiripan utamanya di antaranya adalah Kekaisaran Trigan, yang tampak digambarkan berdasarkan kekaisaran Romawi. Kemiripan ini bahkan diperluas dalam penggambaran Kota Trigan, ibukota yang dibangun di atas lima bukit, dengan gaya yang sama dengan tujuh bukit Roma. Bangsa Trigan menerbangkan pesawat atmosfer. Kendaraan ini mirip seperti pesawat ruang angkasa, tetapi terbatas untuk terbang hanya pada atmosfer planet Elekton. Pakaian yang dikenakan bangsa Trigan mirip dengan bangsa Romawi, dengan banyak penduduk mengenakan pakaian seperti Toga, atau untuk serdadunya kebanyakan dengan baju zirah gaya Romawi.

Sebuah kemiripan yang sama dapat ditemukan dalam penggambaran bangsa Hericon, saingan utama kekuasaan bangsa Trigan, yang penampilannya tampaknya mencerminkan unsur-unsur Kekaisaran Bizantium, dan Kekaisaran Persia.

Serial ini menggabungkan konsep peradaban masa lalu yang mirip romawi dan masa kini. Bangsa Trigan dimulai sebagai sebuah suku nomaden yang disebut Vorg yang tidak mempunyai teknologi, pada awalnya di bawah pimpinan tiga bersaudara, Trigo, Brag, dan Klud. Trigo membujuk saudara-saudaranya yang lebih konservatif bahwa dalam menghadapi perubahan waktu, yaitu ambisi Kekaisaran Lokan, mereka harus menetap. Bangsa Trigan yang muda kemudian didirikan di bawah kepemimpinan Trigo, dengan ornamen peradaban bergaya Roma dengan pedang, tombak dan pakaian gaya Romawi, tetapi dengan senjata sinar berteknologi tinggi, pesawat atmosfer dan angkatan laut berteknologi tinggi. Dalam sebuah cerita selanjutnya, mereka kemudian menciptakan pesawat roket selama berbulan-bulan untuk terbang ke salah satu bulan planet Elekton. Beberapa dari peradaban lainnya juga menunjukkan campuran teknologi teknologi tinggi dan rendah.

Strip pertama bercerita tentang sebuah pesawat luar angkasa yang jatuh di sebuah rawa di Bumi, ditemukan dengan para awaknya telah mati beku, dengan banyak jilid sejarah yang ditulis di dalam bahasa yang tidak dikenal. Studi tentang awak pesawat tersebut mengungkapkan bahwa mereka adalah humanoid, tapi bertinggi sekitar 12 meter. Setelah bertahun-tahun, pesawat ruang angkasa tersebut menjadi daya tarik utama sebuah taman hiburan. Akhirnya, pada zaman yang sangat maju, seorang ilmuwan - Peter Richard Haddon - yang sejak muda telah mempelajari buku-buku dari pesawat ruang angkasa tersebut, berhasil mendekripsi jilid-jilid tersebut, dan mulai menceritakan kisah-kisahnya.
Sejarah publikasi

Strip komik ini pertama kali muncul di edisi pertama majalah Inggris Ranger pada bulan September 1965 dan kemudian di majalah Inggris Look and Learn dari edisi 232, Juni 1966 ketika dua majalah menjadi satu setelah 40 edisi kemudian. Kedua majalah tersebut adalah majalah pendidikan mingguan dirancang untuk orang-orang muda, walaupun kebanyakan berisi artikel-artikel tentang kehidupan, sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi, keduanya memiliki sebuah bagian kecil strip komik ini di setiap edisinya.

Serial ini terbit dalam Look and Learn sampai majalah ini berhenti terbit setelah edisi 1049, April 1982, sebuah jumlah penerbitan yang luar biasa dari 854 edisi antara dua majalah tersebut.
Sampul "Lima Tantangan Maut" (dari judul asli "Trigo's Five Tasks") yang diterbitkan Gramedia.

Serial ini mengalamai beberapa cetak ulang awal. Di Britania Raya, Penerbitan Hamlyn mencetak satu buku berjudul sederhana, yakni Trigan Empire ("Kekaisaran Trigan"), buku ini dicetak di Amerika Serikat oleh Penerbitan Chartwell. Edisi ini menampilkan cerita-cerita awal. Sebuah buku kemudian dicetak oleh Penerbitan Hawk pada tahun 1989 sebagai Tales of the Trigan Empire ("Kisan-kisah dari Kekaisaran Trigan") dalam bentuk sampul tebal. Baik edisi Hamlyn dan edisi Hawk memiliki bagian-bagian yang dipotong dari beberapa cerita aslinya, terutama dalam buku edisi Hawk kadang-kadang ada keseluruhan halaman yang telah dipotong.

Dalam beberapa tahun terakhir, bagian dari cerita Kekaisaran Trigan yang digambar oleh artis Don Lawrence telah dicetak ulang dalam Don Lawrence Collection dalam edisi sampul tebal mewah terbatas. Edisi ini memiliki cerita yang dicetak sama dengan aslinya tanpa ada bingkai gambar yang hilang seperti di beberapa cetak ulang yang lain, terutama buku publikasi Hawk. Mereka bukanlah salinan langsung dari cetakan Look and Learn, tapi dalam banyak kasus telah diambil dari karya gambar aslinya dan menggunakan fon yang telah direvisi untuk membuat mereka lebih mudah dibaca.

Edisi kumpulan kisah Trigan yang diterbitkan oleh Penerbitan Oberon di Belanda kemudian diterjemahkan dan diterbitkan pertama kali dalam bahasa Indonesia pada tahun 1970-an dalam Majalah HAI sebagai cerita bergambar bersambung. Setelah populernya komik ini di kalangan pembaca komik di Indonesia, penerbit Gramedia menerbitkannya ke dalam format buku komik serial pada tahun 1980-an. Lebih dari 20 edisi kumpulan kisah Trigan diterbitkan, dimulai dari "Lima Tantangan Maut" (dari "Trigo's Five Task") sebagai judul buku komik edisi pertamanya.

Karakter utama
Trigo - Trigo adalah pendiri Kekaisaran Trigan. Dengan dua saudaranya, Brag dan Klud, ia adalah pemimpin suku Vorg. Pada awal latar kisah, Kekaisaran Loka / Lokan sedang mengorganisasi sebuah penumpukan kekuatan militer dengan maksud untuk mengambil alih seluruh planet Elekton. Trigo memiliki sebuah visi sebuah bangsa di mana suku Vorg bisa menghentikan keberadaan nomaden mereka dan bersatu dalam sebuah peradaban. Dia tahu bahwa bangsa Loka berniat penaklukan dan merasa bahwa jika suku Vorg tidak bersatu maka mereka akan punah. Ketika rencana awalnya untuk membangun sebuah kota di dataran Vorg gagal, terjadilah sebuah pertemuan penentuan dengan para pengungsi dari bangsa Tharv yang telah diserang oleh Loka. Di antara para pengungsi ini adalah arsitek Peric yang setuju untuk membantu Trigo dengan rencananya selama rakyatnya diizinkan untuk tinggal di sana. Meskipun Brag bersedia melepaskan kedudukan kepemimpinan atas rakyatnya untuk memungkinkan Trigo menjadi penguasa tunggal, saudaranya Klud tidak memiliki rencana seperti itu dan mencoba membunuh Trigo. Dalam tahun-tahun mendatang, Trigo akan membentuk sebuah perjanjian dengan Hericon, kekuatan besar lainnya di planet Elekton, dinobatkan sebagai Kaisar pertama Kekaisaran Trigan, dan menghadapi berbagai ancaman lain atas dirinya dan kekaisarannya.

Brag - (dibaca: Brèg) Kakak Trigo. Sementara ada yang menganggap dia lambat dan mungkin sedikit bodoh, Brag adalah seorang kakak yang baik dan setia kepada saudaranya. Meskipun hidup dalam kemewahan dengan semua manfaat teknologi yang lebih maju, ada saat-saat dimana Brag ingin kembali hidup sebagai pemburu Vorg yang sederhana. Dia menjaga dirinya tetap bentuk fisik yang baik meskipun bertambah tua.

Janno - (dibaca: Jèn-no) Janno adalah putera Brag dan keponakan Kaisar Trigo. Seorang individu yang berani, dia memiliki bakat alami sebagai pilot pesawat atmosfer. Dia berteman dengan Keren, putra Ketua Imbala dari Daveli dan Roffa dari Negara Kota Ellul.

Peric - (dibaca: Pè-rik) Kepala arsitek dari bangsa Tharv yang telah hancur, Peric dengan putrinya dan pengungsi Tharv yang lain melakukan perjalanan mereka ke padang pasir Vorg setelah penghancuran kota utama Tharv oleh pasukan Lokan. Peric adalah seorang yang tua tapi masih cukup sehat. Ia dianggap sebagai arsitek terbesar yang hidup di Elekton dan seorang insinyur dan ilmuwan yang sukses. Ia sering berada di balik layar untuk banyak prestasi besar Kekaisaran Trigan.

Link : Trigan

Komentar