Roban (Pemuda Rimba)

Roban karya John Lo

Roban, adalah tokoh komik ala Tarzan ciptaan John Lo pada tahun 1979. Gaya dan karakter Roban mungkin bisa dibilang terinspirasi dari tokoh Tarzan ciptaan Edgar Rice Burrough. Kehidupan hutan dan suasana alamnya dibuat bergaya hutan Indonesia. Sedangkan nama “Roban” mungkin juga terinspirasi dengan nama hutan di jawa tengah, yaitu hutan Roban.
Komik Roban bukanlah komik pertama yang menampilkan suasana hutan dan berbagai aksi ala Tarzan, tapi sebelumnya di Indonesia telah muncul beberapa tokoh Tarzan versi Indonesia lainnya seperti Wiro, Mala, Si Gogo, Zanga, Jakawana dan lain-lain, selain itu para tokoh perempuannya juga pernah hadir seperti Tjempaka, Tiwi dan lain-lain. Tapi dari semua itu yang paling sukses adalah Wiro ciptaan Kwik Ing Hoo yang muncul pada tahun 1956.
Komik Roban walaupun terkesan meniru tokoh Tarzan, tapi komik ini termasuk populer di kalangan pembaca komik di Indonesia. Sebenarnya pada tahun 1953 John Lo pernah mengeluarkan komik bergaya Tarzan seorang tokoh perempuan, yaitu Nina Gadis Rimba.
Komik Roban
  1. Sungai Iblis, John Lo, (Maranatha, 1979)
  2. Roban Pemuda Rimba, John Lo, (Maranatha, 1979)
  3. Roban si Pemuda Rimba, John Lo, (Yayasan Karya Bhakti Bandung, 1981)
Link : Roban

Komentar