Indra Manusia Ajib

Indra Manusia Ajaib
Indra, atau Indra Manusia Ajaib, adalah tokoh komik superhero ciptaan Si Gayo yang terbit pertama kali di kota Medan sekitar antara tahun 1960 hingga 1963. Kalau tidak salah kemunculan Indra Manusia Ajaib setelah hadirnya komik Kapten Halilintar ciptaan Bahzar di Medan pada tahun 1960. Sekilas kostum superhero Indra agak meniru kostum Kapten Halilintar ciptaan Bahzar. Tokoh superhero Indra ini, juga memiliki kekuatan super, walau mungkin tidak sekuat Superman. Selain memiliki kekuatan super, Indra juga sepertinya menguasai ilmu beladiri yang tinggi, sehingga dengan mudahnya Indra selalu berhasil menaklukkan para penjahat dan menumpas kejahatan. Musuh bebuyutan Indra salah satunya adalah Lawa-Lawa Emas, dan berbagai musuh lainnya seperti sekawanan robot dan musuh yang menggunakan teknologi canggih.

Asal-usul
Awal cerita di sebuah wilayah di tepian hutan, suatu keluarga kecil, Damin dan istrinya dalam usia senjanya tidak dikaruniai anak. Mereka hidup melarat dengan bekerja sebagai pencari kayu di hutan dan bertani. Sampai suatu ketika ketika Damin pergi ke hutan, ia menemukan seorang anak berusia kira-kira lima tahun sedang menangis. “Nak, kenapa kamu menangis?” tanya Damin. Namun, si bocah tidak menjawab. Ia menengadahkan kedua tangannya, minta untuk digendong. Damin pun langsung menggendong anak yang ternyata bisu itu, dan mengajaknya pulang, dan mengangkatnya sebagai anak. Kehadiran anak inipun menjadi berkat dalam hidup Damin dan istrinya. Kehidupan membaik. Padi tumbuh subur. Seiring waktu berjalan terus kehidupan mereka tambah makmur.

Suatu malam, Damin bermimpi didatangi seorang laki-laki seperti seorang pejuang. Laki-laki itu berkata padanya, “Hai Pak Damin, ketahuilah, si buyung bisu itu adalah anakku.  Namanya Indra Jaya. Saya sebenarnya adalah pejuang tanah air. Aku tersesat kemudian bertemu dengan gadis bunian (makhlus halus). Kami kawin, sejak itu aku menetap di kalangan mereka”. Masih dalam mimpi, si laki-laki pejuang itu melanjutkan kisahnya. “Sebagai wakilku meneruskan perjuanganku, Indra kukirim kepadamu”. Tersadar dari tidurnya, Damin pun mengerti, bahwa anak tersebut adalah anak dari hasil perkawinan campur antara manusia dan makhluk bunian.
Setelah beranjak dewasa, Indra Jaya bisa merubah dirinya menjadi seorang superhero dan bisa berbicara secara normal.

link : Indra Manusia Ajaib

Komentar