Darna

Darna
Darna

Darna, awalnya adalah tokoh komik superhero asal Filipina ciptaan Mars Ravelo dan Nestor Redondo pada tahun 1950. Darna merupakan tokoh komik superhero yang paling populer di Filipina. Tidak hanya di Filipina, kepopulerannya sampai ke beberapa negara di Asia lainnya, termasuk di Indonesia nama Darna juga telah populer sejak tahun 1970-an, sehingga para komikus Indonesiapun turut meramaikan membuat komik berupa saduran maupun berupa ide sendiri yang menampilkan kisah dan petualangan Darna. Salah satunya adalah Armin Tanjung membuat beberapa komik tentang Darna yang dimulai sejak tahun 1975. Selain komik, kisah Darna pun diangkat ke layar bioskop dan terhitung 2 kali film Darna sempat diproduksi di Indonesia, yang dibintangi oleh Lidya Kandou dan Nia Zulkarnain. Produksi film Darna di Indonesia sempat dianggap meniru tokoh Darna dari Filipina.

Darna memiliki kekuatan super, mampu terbang dengan kecepatan super serta tidak mempan terhadap senjata apapun, hampir tidak ada perbedaan dengan tokoh Darna asli dari Filipina. Dilihat dari kostum penampilan juga hampir mirip, hanya saja Darna versi Indonesia ini mengenakan jubah di belakang punggungnya.

Asal-usul
Asal-usul Darna Indonesia juga mirip dengan sejarah asal-usul Darna Filipina, hanya saja nama beberapa personilnya diganti dengan nama khas Indonesia.

link : Darna 

Komentar