Walet Merah

Walet Merah
Walet Merah

Walet Merah adalah karakter utama dalam serial cerita silat fantasi yang diciptakan oleh komikus Indonesia Hans Jaladara, atau hanya "Hans", pada tahun 1970-an. Komik ini pertama kali terbit pada tahun 1970. Versi daur ulang komik ini diterbitkan Elex Media Komputindo tahun 2004, komik sepanjang delapan jilid ini merupakan daur ulang dari versi 1970-nya dengan gaya gambar yang berbeda dengan versi terdahulunya, karena versi terbaru ini memiliki gaya gambar yang diyakini terpengaruh manga. Buku ini menceritakan pengembaraan Walet Merah.

Walet Merah merupakan kelanjutan langsung dari kisah komik Panji Tengkorak. Warti, adik Mariani, yang merasa kehilangan karena kepergian Panji, nekad meninggalkan rumah perguruannya, demi mencari Panji. Warti berniat mempertemukan kembali Panji dengan Mariani, kakaknya.

Berbeda dengan Mariani yang memiliki sifat lemah lembut, Warti memiliki sikap yang berani, gesit, nakal, dan lincah. Tampil dengan baju merah dan gesit seperti burung walet, maka ia pun digelari Si-Walet Merah.

Tujuan Walet Merah (Warti) mengembara ialah mencari Panji Tengkorak untuk dipertemukan kembali dengan kakak Warti, Mariani. Padahal Warti sendiri menyimpan perasaan terhadap Panji Tengkorak.

Cerita komik ini tak jauh berbeda dengan versi filmnya, diawali dengan peristiwa terdamparnya Walet Merah di sebuah pulau yang penduduknya ditindas perompak. Setelah membantu penduduk pulau itu Walet Merah terlibat perebutan peta harta karun.

link : Walet Merah dan Walet Merah

Komentar