Sembrani

Sembrani
Sembrani

Sembrani, adalah salah satu tokoh superhero Indonesia ciptaan (karangan) Hasmi. Sembrani pertama kali diperkenalkan tahun 1974 dalam komik Gundala “1000 Pendekar”.

Seorang pria bernama Tangguh sedang berdiri di tepi kawah gas beracun gunung Dieng. Tanpa sengaja terlihatnya sebuah benda asing terbang turun ke dalam kawah, ia pun bergegas turun ke dalam kawah. Ternyata benda asing tersebut adalah sebuah pesawat luar angkasa. Kehadiran benda itu menetralisir gas beracun dalam kawah.

Seorang keluar dari dalam pesawat asing tersebut lewat proyeksi 3 dimensi, bernama Otohrb, adalah seorang panglima perang yang telah lama mati dalam pertempuran di sistem bintang Ristuty dan berbicara padanya. Dia memberi Tangguh sebuah kalung yang dapat merubahnya menjadi seorang superhero yang bernama Sembrani. Sembrani mempunyai kemampuan untuk menetralisir medan magnet maupun medan listrik, menetralisir racun dan bisa terbang seperti Kuda Sembrani.

Setelah peristiwa itu di saat-saat tertentu Tangguh pun berubah menjadi seorang tokoh superhero Sembrani, terjun menumpas kejahatan di muka bumi. Tak jarang dalam aksinya didampingi para superhero lainnya, seperti Gundala, Godam dan lain-lain.
Sayangnya tidak banyak komik yang menampilkan aksi Sembrani.
Berikut Komik yang menampilkan aksi Sembrani
– dalam serial Gundala, 100 Pendekar, 1974

Komentar