Pangerang Mlaar

Pangeran Mlaar
Pangeran Mlaar

Pangeran Mlaar, adalah salah satu tokoh superhero Indonesia, ciptaan (karangan) Hasmi, yang pertama kali diperkenalkan tahun 1969 pada komik Gundala berjudul “Perhitungan di Planet Covox”. Pangeran Mlaar memiliki kekuatan super serta tubuh elastis yang bisa memanjang sepanjang yang dia mau, seperti tokoh superhero Amerika “Reed”, salah seorang personil Fantastic Four.

Asal-usul
Awalnya seorang bernama Mlaar adalah Putra Mahkota suatu kerajaan di planet Covox. Terjadi kekacauan di kerajaan planet Covox oleh komplotan Menteri Telern dan Putri Kepala Perak yang membunuh sang Raja  (ayah Mlaar). Untunglah di saat genting seorang pamannya melarikan dan menyelamatkan Mlaar, Pamannya adalah seorang ilmuwan jenius. Berkat hasil penemuan pamannya, berhasil memberikan suatu kemampuan super dan kemampuan tubuh elastis kepada Mlaar.
Pada suatu hari Gundala datang ke planet Covox untuk memburu penculik ayah angkatnya, Kaisar Kronz. Telern sebagai penguasa baru di Covox bermaksud menggunakan tubuh Kronz sebagai sumber energi listrik raksasa untuk membangun pabrik peluru kendali meteor. Akhirnya Mlaar bertemu Gundala dan keduanya bekerjasama menggagalkan rencana mereka. Telern dan istrinya Putri Kepala Perak akhirnya tewas oleh mereka berdua. (kisah ini ada dalam komik Gundala berjudul “Perhitungan di Planet Covox”).

Di kemudian hari Pangeran Mlaar banyak beraksi bersama superhero lainnya, seperti Gundala, Godam, Maza dan lain-lain untuk menumpas kejahatan di muka bumi.

Komik Pangeran Mlaar
  1. Pangeran Mlaar, Hasmi, 1970
  2. Kubu Antariksa di Angkasa Luar, Hasmi
  3. Penjara di Langit, Hasmi
  4. Rampok, Hasmi
  5. Melawan Taring Emas, Hasmi
  6. Rodan, Hasmi
  7. Gladiator dari Mars (Raf), Hasmi
link : Pangeran Mlaar

Komentar