Kapten Halilintar

Kapten Halilintar

Kapten Halilintar, adalah tokoh komik superhero Indonesia pertamakali diciptakan oleh duet Bahzar dan Rimasan dari Medan pada tahun 1960 diterbitkan oleh Casso Comic Medan. Pada tahun 1972, rupanya kisah petualangan Kapten Halilintar menarik perhatian Jan Mintaraga, dan meneruskan komik Kapten Halilintar dengan melakukan beberapa perubahan pada kostum, asal-usul dan terutama pada bagian topeng dan melepas jubah di punggung, sedangkan lambang petir di dada tidak berubah. Jan Mintaraga sempat mengeluarkan beberapa episode sampai tahun 1973, kemudian tahun 1981 petualangan Kapten Halilintar dilanjutkan oleh Ardian.

Kapten Halilintar mengenakan kostum baju ketat berwarna gelap, sabuk kuning emas di pinggang dan topeng setengah wajah. Di bagian dada terdapat lambang halilintar (petir). Kemampuan superheronya adalah selain memiliki kekuatan super, telapak tangan mengeluarkan api petir, kebal peluru dan bisa terbang. Dalam petualangannya Kapten Halilintar selalu mendapat teror dari musuh bebuyutannya “Baron”.

Asal-usul Kapten Halilintar versi Bahzar (1960)
Di satu desa kecil, hiduplah tiga beranak dalam keadaan miskin. Mereka memiliki beberapa piring sawah, sebatang kelapa, dan gubuk yang mereka diami.

Suatu ketika, si anak yang beranjak dewasa bermimpi aneh. Husni, namanya, bermimpi bertemu seorang tua. Ujar sosok sepuh itu, “Bangunlah pagi-pagi dan panjatlah pohon kelapamu yang putus disambar petir. Akan kau dapati satu permata yang bila kau masukkan ke dalam mulutmu, menjadilah kau manusia perkasa.”

Benar saja, pagi-pagi Husni menjumpai permata itu. Ketika memasukkan ke mulutnya, ia pun langsung berubah wujud menjadi Kapten Halilintar. Ia memiliki kekuatan dahsyat dan bisa terbang. Untuk menuntaskan tugasnya sebagai superhero, Husni mesti pergi ke kota. Sebelum berangkat ke kota, ia terlebih dahulu menyiapkan lahan luas yang siap tanam. Ketika malam tiba, Husni berubah menjadi Kapten Halilintar. Dengan kekuatan dahsyatnya, ia mencangkul lahan milik ayahnya. Uniknya adegan ini, karena kali ini ada superhero mencangkul, dan menjadi seorang petani. Dalam petualangan selanjutnya, Kapten Halilintar menghadapi kejahatan di alam perkotaan.

Asal-usul Kapten Halilintar versi Jan Mintaraga (1972)
Dalam kehidupan normal Kapten Halilintar adalah seorang mahasiswa bernama Regy, merupakan seorang yang cerdas. Ia ingin menciptakan sesuatu yang berkaitan dengan Petir. Karena tenggelam dalam eksperimennya, ia lupa hari ulang tahun kekasihnya, yang berakibat kekasihnya memutuskan hubungan dengannya. Kejadian itu membuatnya stres. Beberapa hari setelah itu, terjadilah angin puting beliung yang membawa Reggy berputar-putar di tengah badai, dan akhirya dia tersambar petir aneh yang membawanya ke kerajaan petir di dimensi lain. Setelah itu, ia diadopsi oleh Raja Kerajaan Petir yang memberinya kekuatan super, sebagai Kapten Halilintar.

Komik serial Kapten Halilintar
  1. Kapten Halilintar, 1960, Bahzar dan Rimasan (1 jilid)
  2. Kapten Halilintar, 1972, Jan Mintaraga
  3. Panik di Bumi, 1972, Jan Mintaraga (5 jilid)
  4. Ghorgon, 1973, Jan Mintaraga ; dalam episode ini kemunculan pertamakali Rini (eks pacar Kapten Halilintar) sebagai Virgo.
  5. Kapten Halilintar vs si Perusak, 1981, Ardian
  6. Sky Station Zulu, Ardian
link : Kapten Halilintar

Komentar